Sejarah CSIRT

Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Provinsi Riau, disingkat RiauProv-CSIRT merupakan CSIRT sektor Pemerintah Provinsi Riau yang ditetapkan oleh Gubernur Riau dalam keputusan Gubernur Riau Nomor Kpts.268/III/2021 tanggal 1 Maret 2021.

Bertanggungjawab sebagai ketua RiauProv-CSIRT adalah Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Riau.

Anggota Tim dari RiauProv-CSIRT adalah seluruh anggota yang tercantum dalam SK Gubernur.

Dalam pembentukannya, RiauProv-CSIRT mengemban misi:

  1. Membangun, mengoordinasikan, mengolaborasikan dan mengoperasionalkan sistem mitigasi, manajemen krisis, penanggulangan dan pemulihan terhadap insiden keamanan siber di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau;
  2. Membangun kerjasama dalam rangka penanggulangan dan pemulihan terhadap insiden keamanan siber di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau;
  3. Mengelola permasalahan dan membangun skema lingkungan untuk mengurangi kerusakan/kerugian insiden keamanan informasi pada konstituennya;
  4. Membangun kapasitas sumber daya penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Konstituen RiauProv-CSIRT meliputi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi RIau yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

RiauProv-CSIRT memberikan layanan yang meliputi respon insiden dalam bentuk: triase insiden; koordinasi insiden; dan resolusi insiden. Disertai dengan aktifitas proaktif dalam bentuk: cybersecurity drill test; workshop atau bimbingan teknis; dan asistensi pembentukan CSIRT Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

RiauProv-CSIRT akan membantu konstituen untuk melakukan penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber dengan aspek-aspek manajemen insiden keamanan siber sebagai berikut:

  1. Triase Insiden (incident triage), meliputi: memastikan kebenaran insiden dan pelapor; menila dampak dan prioritas insiden.
  2. Koordinasi Insiden, meliputi: mengoordinasikan insiden dengan konstituen; menentukan kemungkinan penyebab insiden; memberikan rekomendasi penanggulangan berdasarkan panduan/SOP yang dimiliki RiauProv-CSIRT kepada konstituen; mengoordinasikan insiden dengan CSIRT atau pihak lain yang terkait.
  3. Resolusi Insiden, meliputi: melakukan investigasi dan analisa dampak insiden; memberikan rekomendasi teknis untuk pemulihan pasca insiden, memberikan rekomendasi teknis untuk memperbaiki kelemahan sistem.

RiauProv-CSIRT menyajikan data statistik mengenai insiden yang terjadi pada sektor pemerintah sebagai bentuk sentra informasi keamanan siber pada sektor pemerintah.

Silahkan hubungi kami untuk melakukan aduan siber sesuai dengan prosedur pelaporan insiden.

Scroll to Top